Pages

Wednesday, May 11, 2011

Panen Jeruk Sepanjang Tahun


            Keadaan panen mulai berubah. Hal itu dirasakan sejak para petani menggunakan plant catalyst 2006. Dengan arahan dari Ir. Kus hednarto, M.S. sebagai farming advisor (FA) CNI yang memotivasi Dewa Made Sujana (anggota CNI) untuk membina petani-petani jeruk di Bangli dengan produk plant catalyst 2006. Tahun 2009, buah karya binaannya menampakkan hasil yang menakjubkan. Oleh karena itu, beberapa tahun ini para petani di Bangl juga mulai mengembangkan tanaman hortikultur.

Wayan suparta adalah salah satu petani binaannya yang mengalai peningkatan hasil panen jeruk yan luar biasa. Sejak menggunakan plant catalyst 2006, Wayan suparta, petani jeruk di desa tiga, kecamatan susut, Bangli dapat terus memanen jeruk sepanjang tahun tanpa henti. tampak pada setiap tanaman jeruknya berbuah lebat. Bahkan tahun 2009 lalu dari kebun seluas 1,5 Ha yang tertanami 1.300 pohon jeruk mampu memberikan pendapatan 300 juta. Sebuah hasil yan mengagumkan.

Kesuksesan Wayan Suparta ini tercapai sejak ia menyemprotkan dan menyiramkan plant catalyst 2006 takaran 2,5 g/L air (0,25%) tiap 2 minggu sekali. Pupuk lain yan digunakan adalah pupuk kandang dengan dosis 3-4 kg/pohon tiap 3 bulan sekali dan 1 kg NPK/pohon tiap 6 bulan sekali.

Semoga kesuksesan Dewa Made Sujana dalam membina para petani binaannya dapat menjadi inspirasi bagi member CNI lain untuk memajukan para petani di daerahnya.

No comments:

Post a Comment