Pages

Wednesday, May 11, 2011

MEMBANGUN LADA BANGKA


MEMBANGUN LADA BANGKA DENGAN PLANT CATALYST 2006


Pada saat para petani di Bangka frustasi karena kebun ladanya rusak terserang penyakit daun menguning dan gagal buah, Maryudi justru membuka kebun lada (sahang) di Ds. Sika, Kec. Tempilang, Bangka barat. Ia menanam sebanyak 1.350 bibit steklada varitas Lampung, Mrapen dan Jambi di kebun seluas 0,36 Ha.
Yang membuat ia yakin adalah produk andalannya berupa plant catalyst 2006 yang telah diaplikasikan selama 3 tahun dan telah terbukti memberikan hasil yan menawan dari pertumbuhan dan produksi tandan buah segar (TBS) sawitnya dalam umur kurang dari 5 tahun.
Maryudi mengaplikasikan tabor 10 g/lubang sebelum tanam lada. Setelah tunas lada tumbuh maka mulai umur 2 minggu ia semprotkan plant catalyst 2006 takaran 40 gram per tangki 17 liter dilakukan tiap 2 minggu sekali. Pupuk NPK diberikan 2 bulan sekali di musim hujan sebanyak 1 gengam (1 ons) per pohon.
Saat tanaman ladanya umur 30 bulan (2,5 tahun) tanda-tanda bakal kejayaan panen mulai terlihat dari lebatnya buah lada. Ia sudah dapat memproyeksikan hasil panen ladanya akan didapat sebanyak 3 on (asumsi hasil panen minimal 2,25 kg/pohon).
             Saat ini maryudi menjabat sebagai anggota DPRD II Kab. Bangka barat. Harapannya, para petani lada Bangka bergairah lagi menanam lada, karena sudah tersedia solusi plant catalyst 2006 untuk mendapatkan pertumbuhan dan hasil panen lada yang baik. Dengan demikian Bangka yang sejak dulu tersohor sebagai pulau lada atau “sahang” tetap dapat mempertahankan identitasnya dan tidak tergeser oleh daerah lain.

No comments:

Post a Comment